Sabtu, 07 September 2013

Society of Petroleum Engineers Java Section Scholarship 2011

Hello readers, long time no write! 

Maklum saja penulis sedang berjuang untuk menyelesaikan riset untuk tesis. Berhubung ada waktu kosong, tiba-tiba saat ini saya teringat mengenai Society of Petroleum Engineers Java Section Scholarship 2011. Untuk itu saya ingin membagi pengalaman ketika mencoba peruntungan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Baik saya akan menjelaskan sedikit profil mengenai SPE (Society of Petroleum Engineers) yang merupakan salah organisasi internasional terbaik yang bergerak di bidang minyak dan gas bumi. Organisasi ini memiliki anggota-anggota yang terdiri atas kalangan profesional dan mahasiswa. Biasanya kalangan profesional ini bekerja di bidang industri perminyakan, sedangkan untuk mahasiswanya sendiri biasanya kuliah di jurusan yang berhubungan dengan energi (Teknik Perminyakan, Teknik Geologi, Teknik Kimia, dan Geofisika). Society of Petroleum Engineers Student Chapter (SPE SC) inilah yang dikembangkan di universitas-universitas yang memiliki jurusan terkait. SPE SC di Indonesia sendiri dibagi menjadi 3 section, yaitu: Java Section, Kalimantan Section, dan Sumatra Section. Salah satunya adalah SPE SC UGM yang merupakan bagian dari SPE SC Java Section.

Selain menjadi wadah mahasiswa untuk berorganisasi, SPE sangat aktif mengadakan acara konferensi yang diikuti oleh kalangan profesional dan mahasiswa, smart competition, POD (Plan of Development), pemberian beasiswa, dan acara perkumpulan seluruh pengurus SPE SC di Indonesia. Dengan adanya seluruh kegiatan tersebut, mahasiswa menjadi termotivasi untuk berprestasi baik di dalam akademik maupun di dalam organisasi. Beasiswa SPE itu sendiri diberikan kepada mahasiswa yang menjadi pengurus ataupun hanya sebagai anggota SPE SC masing-masing universitas di setiap section. 

Saat itu saya sangat tertarik dengan beasiswa tersebut karena seleksinya sangat berbeda dengan beasiswa lain yang pernah saya ikuti. Berikut adalah beberapa aturan dan kualifikasi yang harus dipenuhi mahasiswa untuk mengikuti beasiswa ini, diantaranya adalah:
1. IPK > 3.25
2. Anggota atau pengurus SPE SC masing-masing universitas.
3. Membuat essay yang berhubungan dengan tema yang sudah disediakan oleh panitia (full in english).
4. Mempresentasikan hasil tulisan di depan pewawancara yang notabene adalah profesional di industri perminyakan. 

Pada saat itu, tema essay mengenai energi terbarukan. Saya menulis mengenai energi panas bumi yang memang sedang dikembangkan di beberapa negara. Hal yang sangat mendasari saya untuk menulis mengenai energi panas bumi karena Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki 40% penyebaran gunung api di dunia (ring of fire). Pada saat itu saya masih duduk di semester 4 yang notabene belum mendapatkan mata kuliah mengenai Geologi Panas Bumi. Namun, energi terbarukan bukanlah hal yang awam bagi dunia energi sehingga banyak seminar-seminar yang mengangkat tentang tema tersebut. Mengandalkan artikel-artikel dan berbagai jurnal mengenai energi panas bumi, saya menjadi yakin untuk menulis essay tersebut.

Semua harus dicoba. Ya, itulah yang ada di otak saya. Saat kita tidak pernah mencoba, kita tidak tahu seberapa hebat kemampuan kita. Semua essay ditulis full in english. Bermula dari mengumpulkan paper, jurnal, dan berbagai artikel mengenai energi panas bumi, kemudian essay yg saya buat pun jadi. Tantangan tidak berhenti pada pembuatan essay saja, namun saya harus mempresentasikan di depan ketua panitia SPE  Java Section Scholarship, Bapak Teddy Komarudin dari Pertamina. Presentasi dilakukan di Quality Hotel, Yogyakarta. Pak Teddy Komarudin membuka wawancara dengan pertanyaan sekitar perkuliahan, organisasi, dan keluarga. Kemudian dilanjutkan dengan pertanggungjawaban essay saya mengenai energi panas bumi. Sempat agak grogi karena seluruh kegiatan tersebut dilakukan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Bukan tidak bisa, bukan. Hanya saja, sedikit kaku dan ini pengalaman pertama kali saya mencoba peruntungan beasiswa dengan metode kualifikasi seperti ini. Secara keseluruhan presentasi berjalan lancar.

Satu bulan kemudian pengumuman beasiswa SPE Java Section Scholarship 2011 pun keluar. Alhamdulillahnya saya diterima dan mendapatkan beasiswa tersebut. Setiap universitas hanya dipilih 5 mahasiswa yang berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Kalau rezeki tidak akan kemana. Dengan bermodalkan essay yang saya buat, saya bisa mendapatkan Rp 7.000.000,- dari beasiswa tersebut. Thanks God! Beasiswa tersebut adalah beasiswa terbesar yang pernah saya dapatkan. Setelah pengumuan tersebut, seluruh penerima beasiswa SPE  Java Section  Scholarship 2011 dikumpulkan untuk makan bersama di Hotel Mulia, Jakarta dengan pejabat-pejabat SPE Java Section yang notabene merupakan orang-orang hebat di industri perminyakan. Saya juga bertemu dengan teman-teman dari ITB, Trisakti, UPN Veteran Yogyakarta, dan UI.

Pengalaman yang sangat luar biasa. Bagi saya "Hidup tanpa impian sama halnya dengan berjalan tanpa tujuan". Karena itu saya selalu berani untuk mengukir suatu impian besar dalam hidup walau sepertinya sulit untuk diwujudkan. Namun, satu hal yang saya percaya "Setiap usaha/kerja keras yang dilakukan dengan kesungguhan dan doa tidak akan pernah ada yang sia-sia".

Terimakasih SPE International dan SPE UGM SC atas pengalaman berorganisasi kurang lebih 3 tahun ini. Kerja bareng, konferensi, lomba-lomba, gathering, dan semua aktivitas yang saya rindukan sampai hari ini.


Salam Semangat,

Rani



Tidak ada komentar:

Posting Komentar